Taman Nusa di Gianyar

Keberadaan Taman Nusa di Kabupaten Gianyar memiliki posisi penting dalam peta kepariwisataan di Bali, tempat ini menyajikan miniatur bangunan rumah adat yang ada, dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia, berada di atas lahan 15 hektar di Br. Blahpane, desa Sidan, Gianyar. Setidaknya ada 60 buah rumah adat (rumah tradisional) dari segala pelosok bumi nusantara dapat kita temukan di sini, ada sekitar 60 rumah adat dari 33 provinsi yang ada, pengunjung juga bisa menikmati goa prasejarah pada era kehidupan primitif, kemudian masa perunggu, replika candi Borobudur yang legendaris, yang dibuat menyerupai bentuk aslinya di Magelang, replika patung Gajah Mada yang terkenal dengan sumpah palapanya, museum budaya, museum batik, museum wayang, pusat penelitian budaya, perpustakaan, sanggar seni dan auditorium. Taman ini hampir mirip dengan taman mininya Jakarta.

Rumah tradisional


Pembangunan Taman Nusa ini digagas oleh Santosa Senangsyah, taman budaya ini selain diharapkan menjadi objek wisata di Bali yang pantas dikunjungi juga memberikan unsur-unsur edukasi, yang bisa menghadirkan pengetahuan yang menyeluruh tentang berbagai budaya di Nusantara dengan perpaduan alam Bali yang indah, dan memiliki budaya tradisional yang kental dan karakter yang kuat, bisa dikatakan juga taman ini sebagai sarana pelestarian budaya yang terus tergerus oleh transisi jaman, konsep-konsep pembangunan secara tradisional mulai dipinggirkan. Tempat ini disajikan dengan konsep dan gaya yang menarik dan interaktif, sehingga pengunjung mendapatkan kepuasaan selama berada di kawasan ini.

 

Taman Nusa di Gianyar Bali


Pembangunan wahana ini mempunya konsep penyatuan budaya dengan alam, dengan tebing sungai Melangit, pengunjung bisa menyusurinya melihat alam indah dan subur dengan balutan tradisional dari berbagai budaya Nusantara, hamparan sawah dan sungai yang masih asri, tentu suguhan dan memberikan sensasi tersendiri yang berbeda dari tempat lainnya di Bali. Jika memang anda mencintai budaya Nusantara yang sedang melakukan perjalanan tour , ataupun sewa mobil minta pemandu ataupun supir anda untuk berkunjung ke objek wisata ini.