Besakih

Objek wisata Pura Besakih adalah merupakan pusat kegiatan upacara agama bagi umat Hindu di Bali, Pura Agung Besakih adalah sari Padma Bhuwana atau pusatnya dunia yang dilambangkan berbentuk bunga padma. Oleh karena itu Pura Agung Besakih adalah pusat untuk menyucikan dunia dengan segala isinya, dan merupakan salah satu tempat favorit menjadi tujuan wisatawan di Bali, memiliki perbedaan juga keunikan tersendiri dibandingkan tempat/ pura lainnya di Bali. Pura Besakih menjadi terkenal karena kompleks candi yang didirikan disana, sehingga dikenal sebagai Pura Utama di Bali.
 English : Besakih Mother temple :: English version
 
Objek Wisata Besakih Bali, saat upacara Agama
 
 
Pura Besakih adalah sebuah komplek pura yang terletak lereng Gunung Agung yaitu Gunung tertinggi di Bali, tepatnya di Desa Besakih, Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali. Kalau anda sewa mobil ataupun ikut tour ke tempat ini, perjalanan dari bandara sekitar 2.5 jam perjalanan menuju arah Timur. Areal Pura Besakih sangatlah luas, jika anda berkeinginan untuk mengetahui lebih banyak Pura Besakih ini, mungkin anda harus menghabiskan waktu hampir 1 jam untuk berkeliling di areal ini.Tempat atraksi berdekatan dengan Besakih, menawarkan atraksi menantang adalah site rafting yang terkenal yaitu rafting di Sungai Telaga Waja. Liburan wisata ke Besakih sambil ikut rafting atau arung jeram tentu hal menyenangkan.

Komplek Pura Besakih terdiri dari 1 Pura Pusat yaitu Pura Penataran Agung Besakih dan 18 Pura Pendamping yaitu 1 Pura Basukian dan 17 Pura Lainnya. Semua Umat Hindu terutama yang ada di Bali, mempunyai sebuah pura penyungsungan (tempat persembahyangan) disebut Pura Pedarman sesuai dengan wangsa mereka, terbagi menjadi beberapa komplek di areal ini, dan Pura Pedarman tersebut merupakan warisan leluhur secara turun menurun. Pura Penataran Agung adalah Pura terbesar di kompleks Pura Besakih, candi-candi atau pelinggihnya lebih banyak, upacaranya juga paling banyak di kawasan Penataran Agung ini. Di Penataran agung ini ada 3 Candi utama dan merupakan intisari dan seluruh bangunan suci (palinggih) yang ada di Pura Agung Besakih. Padmasana-Tiga adalah symbol dari stana tuhan sesuai dengan sifat Tri Murti yaitu Dewa Brahma sebagai Pencipta, Wisnu sebagai Pemelihara  dan Siwa sebagai Pelebur. Pura Besakih berasal dari zaman sangat tua, karena banyaknya peninggalan –peninggalan zaman megalitik, seperti menhir, tahta batu, struktur teras pyramid yang ditemukan di kompleks Pura Besakih dijaga lestari sampai sekarang ini.
 
 
Objek wisata Pura Besakih
 

Berkunjung ke Besakih, bagi penekun kegiatan rohani, akan memberikan dan merasakan nuansa spiritual dan magis begitu kentalnya, selain hamparan pemandangan alam dari ketinggian, terlihat begitu indah. Apalagi jika sampai di Pura Gelap yang menempati posisi paling atas di komplek pura ini. Jika anda seorang wisatawan dan akan berkunjung ke kawasan Pura, anda harus ditemani oleh seorang pemandu/ guide lokal, mereka membetuk sebuah organisasi pemandu untuk kawasan Besakih, dan untuk jasa mereka ini, akan dikenakan biaya tambahan, biasanya berkisarana dari harga Rp 50.000-100.000, tergantung jumlah peserta.

Dan perlu dicatat setiap pengunjung yang memasuki areal suci di Bali, seperti pura diwajibkan untuk memakai kain dan selendang, dilokasi disediakan penyewaanya, atau bisa bawa sendiri. Pantangan bagi perempuan disaat sedang datang bulan untuk memasuki areal pura.



Paket tour, Adventure seperti Rafting, watersport,  cruise,  fast boat 

Sewa Mobil di Bali
         
 Danau Batur Kintamani
  
 Wisata Bali :: Tour ke Air terjun Gitgit Bali

Sewa Mobil selama wisata di Bali selalu menjadi pilihan terfavorit bagi para wisatawan

     

Menikmati santap siang di restoran Kintamani sambil melihat pemandangan Danau Batur

 Air terjun Gitgit selalu menarik untuk dikunjungi dengan jalur lintasan trekking yang sejuk
Seawalker
         
Pulau Penyu
  
 Tour ke Tanjung Benoa - watersport

Sensasi berjalan di dasar laut dengan ikut meyelam dalam aktifitas Seawalker

     

Pulau Penyu penangkaran penyu ini dilakukan swadaya oleh warga Tanjung benoa

 Bermacam jenis rekreasi watersport yang disajikan di Bali, menjadi pilihan menarik
Fast boat: Kapal Cepat ke Gili
         
 
Kapal Pesiar Bali: Quicksiver Cruise


Fast Boat: Kapal cepat dari Bali ke Gili - Lombok: Rp 475rb/pax

       Quicksilver Cruise: kapal Pesiar menuju Nusa Penida: Rp 650rb/pax  

 

KONTAK KAMI

Bali Tours Club

E-mail: info@balitoursclub.com

HP/SMS:XL - 081 916 533 222 | TSel - 0821 4704 2222

Ph. 0361.8709363 (office hour) 

YM: balitoursclub