Tirta Empul - Tampaksiring

Berikut informasi tentang tempat wisata di Bali: : Tirta Empul - Tampaksiring. Objek Tirta Empul ini sendiri terletak di desa Manukaya, Tampaksiring, Gianyar, sehingga dikalangan wisatawan lebih terkenal dengan sebutan Tampaksiring. Pada kawasan ini juga, tempatnya atas sebelah kiri pemandian, ada Istana Presiden tempat ini dibangun setelah Indonesia merdeka, terletak di Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Yang menjadi objek wisata dan target kunjungan saat perjalanan tour adalah Tirta Empul sebuah tempat pemandian suci dan disakralkan oleh warga Hindu.

Sedangkan Istana Kepresidenan merupakan satu-satunya Istana presiden yang dibangun setelah Indonesia Merdeka, sampai sekarang Istana ini terlihat selalu bersih serta terjaga baik,  sedangkan kelima Istana lainnya di Indonesia dibangun sejak jaman kolonialisme Belanda. Lokasinya memang cukup strategis kalau dari Denpasar terletak searah dalam jurusan tour ke Kintamani. Berita terakhir istana ini tidak dibuka untuk umum, sehingga para pelancong tidak bisa mengunjunginya.

   English Tampak Siring :: English version

Objek wisata Tirta Empul - Tampaksiring - Bali
 

Tirta Empul oleh wisatawan dikatakan hanya kata hanya Tampaksiring saja, padahal itu nama sebuah Kecamatan. Objek wisata di Bali ini merupakan salah satu situs peninggalan sejarah, hingga kini masih tetap berkembang. Bagi pelancong yang ingin merasakan, kesegaran air di Taman Tirta Tampaksiring, dapat mandi, menyegarkan diri di kolam renang Tirta Empul berikut memohon penglukatan/ penyucian diri.

Tempat permandian digunakan sebagai tempat melukat warga Hindu, dengan tujuan membersihkan badan jasmani dan rohani, wisatawan kalau mau dan percaya adanya kekuatan magis dari sebuah kegiatan spiritual, bisa ikut mandi pada siraman-siraman pancuran yang mengalir ke sebuah kolam dengan menggunakan pakaian adat Bali.

Bagi warga non Hindu jika berkeinginan merasakan aura spiritual dari tempat ini, anda bisa melakukan penyucian diri dan harus memperhatikan syarat-syarat dan ketentuan, anda akan merasakan sentuhan wisata rohani yang berbeda, suasana tempat ini tenang dan damai, sebuah pura dihulu tempat permandian, digunakan warga sebagai tempat bersembahynag setelah selesai melakukan penyucian diri.

Selain sebagai tempat wisata, tentunya bagi warga Hindu Tirta Empul - Tampaksiring ini adalah tempat sakral yang sangat disucikan. Setiap Hari Raya suci bagi warga Hindu tempat ini selalu ramai oleh masyarakat yang ingin melukat dan sembahyang. Tidak jarang antrean pada tempat pemandian ini sampai penuh dan rela untuk antre berlama-lama, kalau pada hari biasa  agak sepi, nah disinilah kesempatan wisatawan untuk merasakan segarnya mata air alami yang disucikan tersebut.

Areal permandian  akan selalu ramai pada saat-saat hari suci keagamaan Hindu, seperti saat bulan penuh atau Purnama, apalagi saat perayaan Banyupinaruh sehari setelah  Hari Saraswati, tempat ini dipastikan akan membludak dipenuhi warga Hindu. Jika mau berkunjung ke objek wisata ini,anda bisa ikut paket full day Kintamani - Tampaksiring Tour  dalam paket tour tersebut telah tersusun rute perjalanannya.

Atau jika wisatawan ingin perjalanan tour bisa lebih fleksibel direkomendasikan sewa mobil di Bali + supir + bbm, anda bisa menentukan sendiri rute perjalanannya, atau bisa direkomendasikan oleh supir ke tempat-tempat tujuan wisata populer. 

 

Tirta Empul :: Tampaksiring

 

Tirta Empul, mempunyai mithologi unik serta masih dipercaya oleh penduduk pulau ini bahkan sampai sekarang, cerita ini muncul dari kisah Raja Bali yang lalim bernama Maya Denawa, raja membuat rakyatnya resah dan sengsara, kejadian ini membuat Dewa Kahyangan prihatin, kemudian Dewa Kahyangan mengirim pasukannya, dipimpin oleh Dewa Indra.

Maya Denawa sendiri sangat sakti sehingga susah ditaklukkan, karena kesaktian juga kelicikan maya Denawa menciptakan sungai yang mengalir air beracun sehingga membuat pasukan Dewa keracunan, dengan kesaktiannya Dewa Indra menancapkan tongkatnya sehingga muncul air (sekarang bernama Tirta Empul) untuk memerciki banyak pasukan dewa Indra kena racun, sehingga sehat seperti sedia kala. Dan akhirnya Maya Denawa bisa dimusnahkan.

 

Bali Tours Club menyediakan paket tour, rafting, sewa mobil dan tiket kapal cepat

Sawah berundak di Tegalanlang
         
 Alas Kedaton
  
 Objek wisata Uluwatu

Hamparan sawah berundak di Ceking Tegalalang, menyajikan pesona mengangumkan

     

Ratusan kera di sebuah hutan tropis Alas Kedaton, dibalut aura magis pura tempat ini

 Pura Uluwatu terletak di atas tebing karang menyajikan keindahan sunset dan juga pementasan Tari Kecak
Bali Rafting : Sungai Ayung          
 Bali Rafting : Telaga Waja
  
 Tour ke Tanjung Benoa - watersport

Rafting menyusuri Sungai Ayung diantara tebing-tebing serta relief Ramayana

     

Bali Rafting: Menantang derasnya sungai Telaga Waja Rendang

 Wisata bahari watersport Tanjung Benoa: Dapatkan harga spesial internet
Fast boat: Kapal Cepat ke Gili
         
 
Kapal Pesiar Bali: Quicksiver Cruise

.                                         b.

Fast Boat: transportasi Kapal cepat dari Padangbai ke Gili Trawangan - Lombok

      Berlayar bersama Quicksilver Cruise: kapal Pesiar menuju Nusa Penida  

Untuk menuju Tirta Empul - Tampaksiring, dari arah bandara butuh sekitar 70 menit berkendaraan, tentu pilihannya anda bisa mengendarai kendaraan sendiri ataupun memakai jasa sewa mobil di Bali dan selanjutnya melanjutkan perjalanan tour ke objek wisata Kintamani, Tegalalang dan Ubud.