Denpasar

Denpasar merupakan salah satu objek wisata pilihan di Bali juga. Sebagai ibukota provinsi dan juga kota madya, wilayah ibu kota menawarkan beberapa tempat-tempat menarik yang patut anda kunjungi diantaranya Museum, Art Centre, Monumen Bajra sandi juga pasar Kumbasari, tempat ini sering dikunjungi para wisatawan yang ingin membeli aneka kerajinan ataupun oleh-oleh khas kerajinan lokal, berikut sekilas informasi tentang Kota Madya ini.

Sebagai pusat pemerintahan, pusat bisnis serta menjadi ibukota dari Propinsi Bali, sehingga tempat ini selalu padat, ramai oleh aktifitas manusia, diserbu juga oleh para penduduk pendatang. Jalan Gajah Mada dulunya merupakan pusat bisnis, sampai saat ini dimana kantor-kantor Bank, restaurant & pusat pemerintahan Kotamadya Denpasar, termasuk juga pasar Badung yang merupakan pasar tradisional dan tetangganya hanya dibatasi Tukad Badung yaitu Kumbasari, menjual beraneka macam hasil kerajinan lokal, disinilah pusat perekonomian di kota ini berlangsung, berpusat serta terletak di seputaran jalan ini.

Objek wisata Kota Denpasar  merupakan pusat ekonomi di pulau Dewata, di sinilah dulunya terjadi pertemuan antara budaya tradisional lokal dengan budaya barat. Dahulu banyak para pedagang dari negara Arab dan Tiongkok datang ke sini untuk berdagang, sehingga sampai sekarang toko-toko dipinggir jalan banyak yang masih dimiliki oleh warga keturunan Arab & China. Memasuki kawasan kota, biasanya kemacetan akan mewarnai ruas-ruas  jalanan, pada saat mengendarai mobil ataupun sepeda motor sangat terasa sekali saat memasuki jalan Gajah Mada ini...yah karena kemecatan tersebut.

 English Denpasar City :: English version

Keberadaan Patung dewa Ruci di Simpang Siur Denpasar semakin strategis saja, pasca selesainya underpas menjadi persimpangan yang unik di Bali seperti namanya simpang siur yang indah dan menawan
 

Gambar di atas adalah simpang Dewa Ruci atau sering disebut simpang siur, merupakan pintu gerbang masuk ke Denpasar kalau dari Bandara, persimpangan jalan ini biasanya selalu diwarnai oleh kemacetan, tapi hal tersebut adalah masa lalu, setelah tempat ini lalu lintas ditata lebih apik dengan selesainya pengerjaan under pass, dapat sedikit mengurai kemacetan di sini, bahkan menjadi tempat indah apalagi setelah selesai pengerjaan proyek underpass. Seperti patung penyambutan selamat datang bagi wisatawan yang berkunjung ke wilayah ini.

Denpasar juga pernah dijadikan pusat pemerintahan bagi Tingkat II Badung (sekarang sudah pindah ke Senpidi) maupun Tingkat I Bali, sehingga mengalami pertumbuhan  sangat cepat baik dalam artian fisik, ekonomi, maupun sosial budaya. Keadaan fisik kota dan sekitarnya telah sedemikian maju serta pula kehidupan masyarakatnya telah banyak menunjukkan ciri-ciri sifat perkotaan, pola hidup masyarakatnyapun cenderung berubah, tapi walaupun demikian kehidupan sosial yang menyangkut gotong royong, beragama serta aturan adat masih terjaga lestari.

Sebagai pusat pemerintahan, perdagangan, pendidikan, industri serta beberapa tempat pariwisata, menjadikan wilayah ini semakin heterogen, berkumpul dari semua kalangan, suku serta agama, walaupun demikian kerukunan bermasyarakat di wilayah ini tergolong sangat baik, kota ini dibagi menjadi 4 wilayah kecamatan yaitu; Denpasar Barat, Timur, Utara dan Selatan.

 

Pasar Badung di Kota Denpasar terletak di pinggir Tukad Badung. Sebuah pasar tradisional yang paling besar dan ramai di Bali. Menyediakan berbagai kebutuhan pokok, dan juga keperluan rumah tangga lainnya dan juga pakaian dengan harga ekonomis

 

Jika berencana berkunjung ke sini dan sekitarnya, ada beberapa tempat menarik diantaranya; pasar seni Kumbasari, pasar tradisional Badung, Museum Bali, Jagatnatha, Taman Budaya Art Center, Monumen Bajra Sandhi serta Pantai Sanur. Wajah kota serta insfratuktur jalan selalu mendapat perhatian agar terlihat lebih menarik. Terdapat banyak hotel baik setingkat losmen sampai hotel berbintang lima, anda bisa sewa penginapan di sini agar bisa mengeksplor kawasan ini dengan maksimal.

Wisatawan bisa ikut paket half day tour  kami telah susun rute perjalanannya ataupun bisa sewa mobil + supir + bbm menentukan sendiri rute perjalanan untuk menjelajahi wilayah ini selama liburan. Tempat-tempat menarik di wilayah Denpasar tergolong berdekatan, tapi kemacetan yang mewarnai suasana kota, butuh waktu lebih untuk mencapai tempat tujuan.

Mengagumi pulau dewata ini untuk kunjungan berlibur anda selanjutnya, ada baiknya anda baca informasi tentang objek wisata di Bali